BAB IV ANALISA SISTEM
ANALISA SISTEM
4.1. Definisi Analisa Sistem
Analisis Sistem atau
System Analysis adalah suatu teknik atau metode pemecahan masalah dengan cara
menguraikan system ke dalam komponen-komponen pembentuknya untuk mengetahui
bagaimana komponen-komponen tersebut bekerja dan saling berinteraksi satu sama lain
untuk mencapai tujuan system.
System Analysis biasanya
dilakukan dalam membuat System Design. System Design adalah salah satu langkah
dalam teknik pemecahan masalah dimana komponen-komponen pembentuk system
digabungkan sehingga membentuk satu kesatuan system yang utuh. Hasil dari
System Design merupakan gambaran system yang sudah diperbaiki. Teknik dari
System Design ini meliputi proses penambahan, penghilangan, dan pengubahan
komponen-komponen dari system semula.
4.2. Tahapan Didalam Analisa Sistem
Langkah-langkahnya:
1. Identify:
mengidentifikasi masalah
Ada 3 langkah yang harus
dilakukan di dalam tahapan ini, yaitu:
a. Mengidentifikasi
Penyebab Masalah
Pada tahap ini kita harus dapat mengetahui apa yang menyebabkan masalah terjadi.
Misal terjadi penurunan omzet penjualan karena banyak konsumen yang komplain
terhadap divisi penjualan tersebut.
b. Mengidentifikasi
Titik Keputusan
Setelah penyebab
terjadinya masalah dapat ditentukan, selanjutnya juga harus ditentukan titik
keputusan penyebab masalah tersebut.
Contoh: penyebab masalah
konsumen komplain karena pelayanan yang kurang baik terhadap konsumen. Titik
keputusan yang mengakibatkan terjadinya sebab masalah ini adalah penanganan
order langganan di bagian order penjualan yang kurang baik kepada pelanggan.
c. Mengidentifikasi
Personil-personil Kunci
Setelah titik-titik
keputusan penyebab masalah dapat diidentifikasi beserta lokasi terjadinya, maka
selanjutnya yang perlu diidentifikasi adalah personil-personil kunci baik yang
langsung maupun tidak langsung dapat menyebabkan terjadinya masalah tersebut.
2. Understand:
memahami kerja dari sistem yang ada
Untuk mempelajari
operasi dari sistem ini diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara
melakukan penelitian:
a. Menentukan
jenis penelitian
b. Merencanakan
jadwal penelitian
c. Membuat
penugasan penelitian
d. Membuat
agenda wawancara
e. Mengumpulkan
hasil penelitian
3. Analyze:
menganalisis sistem
Langkah ini dilakukan
berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang telah
dilakukan. Kita dapat menganalisis:
a. Kelemahan
dari sistem lama tersebut
b. Kebutuhan
informasi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen
4. Report:
membuat laporan hasil analisis
Yang didalamnya terdapat:
a. Alasan
melakukan analisis sistem
b. Menguraikan
permasalahan-permasalahan yang terjadi pada sistem lama
c. Mengidentifikasi
penyebab masalah
d. Mengidentifikasi
titik keputusan
e. Menguraikan
penelitian yang dilakukan
f. Menguraikan
hasil analisis
g. Kesimpulan
analisis
4.3 Laporan
Hasil Analisis
Waktu Pelaksanaan Interview |
Narasumber |
Daftar Pertanyaan |
||||
Nama |
Jabatan |
|||||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
Posting Komentar
Terimakasih atas kunjungan anda silahkan tinggalkan komentar di bawah ini👇